BAHAYA BRUXISM

 

bruxism Apa itu Bruxism (Kebiasaan Menggertakan Gigi saat Tidur)?

Kebiasaan menggesek-gesek gigi rahang atas dan bawah yang dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Penderita biasanya melakukannya di saat tidur tanpa kesadaran. Penyebab bruxism sendiri variatif. Pada anak-anak, kebiasaan ini muncul pada saat gigi-gigi tumbuh. Sedangkan, bagi orang dewasa, bruxism timbul karena adanya maloklusi (hubungan buruk antara gigi rahang atas dan bawah), stress, rasa marah atau frustasi.

Apabila dilakukan peninjauan secara klinis, terjadi abrasi pada permukaan gigi rahang atas dan bawah. Kehilangan lapisan email gigi yang cukup banyak dapat menimbulkan rasa ngilu pada gigi yang mengalami abrasi tersebut. Apabila kebiasaan ini tidak segera dihentikan, bruxism juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi), maloklusi, patahnya gigi akibat tekanan berlebih dan kelainan pada sendi yang menghubungkan rahang bawah dan tulang kepala. Oleh karena itu, ikuti perawatan untuk mengatasi bruxism.

Perawatan yang dapat dilakukan adalah menggunakan night-guard pada saat tidur. Night-guard adalah alat yang dibuat sesuai dengan susunan gigi pasien untuk membentuk batas antara gigi rahang atas dan bawah sehingga tidak saling beradu. Pemakaian alat ini akan mencegah kerusakan yang lebih jauh dan membantu pasien menghentikan kebiasaan buruknya.

Untuk konsultasi lebih lanjut, segera hubungi admin Tiga Dental di nomor berikut : www.tigadental.com

081290098225/081212173797/081219441585

Pin bb : 767CCF28

Pin bb : 5203AAB5

Comments are closed.