APAKAH ANDA MENDERITA HIPERTENSI?

Hipertensi (tekanan darah tinggi)

merupakan penyakit yang akrab di telinga masyarakat namun seringkali disepelekan. Masyarakat cenderung takut dan menghindar untuk melakukan cek kesehatan, salah satunya pengukuran tekanan darah secara rutin. Bila tekanan darah tinggi tidak dikendalikan akan meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami serangan jantung, gagal jantung, gagal ginjal, maupun stroke.

hipertensi dapat mengganggu

Hipertensi

 

Tahukah anda berapa nilai tekanan darah yang dapat dikatakan tinggi? 

Pada tahun 2017, American Heart Association (AHA) telah merumuskan pedoman terbaru mengenai hipertensi, dimana diagnosis hipertensi kini diberikan pada kondisi tekanan darah sistolik (TDS) mencapai ³ 130 mmHg dan diastolic (TDD) ³ 80 mmHg. Diagnosis tersebut didapatkan dari hasil rata-rata 2-3 kali pengukuran tekanan darah dalam 2-3 kali kunjungan yang berbeda.

Blood presure stages

Blood presure

Pengendalian tekanan darah tidak serta merta langsung menitikberatkan pada penggunakan obat anti hipertensi. Pengendalian dimulai dari memodifikasi gaya hidup menjadi gaya hidup sehat, diantaranya menjaga berat badan ideal, diet rendah lemak jenuh, olahraga teratur, dan menghindari konsumsi rokok serta alkohol.

Sudahkah anda melakukan pengukuran tekanan darah anda secara rutin? Apakah anda termasuk dalam kategori hipertensi? Jika, Ya. Jangan ragu dan takut untuk berkonsultasi ke dokter. Penanganan yang tepat akan mencegah timbulnya risiko komplikasi di kemudian hari.

Jika anda memiliki kartu BPJS kesehatan, anda bisa melakukan konsultasi dan pengobatan terhadap penyakit ini secara gratis mulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama terdaftar.

Referensi :  

2017 Guideline for the Prevention, Detection, Evaluation, and Management of High Blood Pressure in Adults, American College of Cardiology, 2017.

 

 

Comments are closed.