Tips Untuk Merawat Kawat Gigi

Sikat dan pasta gigi khusus
Gunakanlah sikat gigi khusus untuk orthodontic karena sikat ini memiliki bulu yang halus dan baik untuk membersihkan gigi yang berbehel. Sikat gigi khusus untuk gigi berbehel kini telah disediakan berbagai merek perawatan gigi komersial yang dijual di apotik, klinik bahkan supermarket besar Selain itu, gunakan pasta gigi dengan formula yang lengkap dan benar-benar baik untuk gigi berkawat. Pilihlah pasta gigi yang telah direkomendasikan dokter atau pasta gigi yang khusus untuk pengguna gigi berbehel. Jika Anda ragu, Anda boleh meminta saran pada dokter gigi Anda untuk masalah pemilihan sikat gigi dan pasta gigi yang benar.

sikat gigi ortho

Bagaimana cara menyikat gigi berbehel?

Untuk perawatan menyikat gigi berbehel, dahulukan menyikat tanpa pasta gigi. Hal ini dilakukan untuk menyingkirkan sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi dan diantara behel di gigi Anda. Setelah selesai, sikatlah gigi menggunakan pasta gigi khusus. Mulailah gosok dari arah kanan ke kiri. Sikatlah seperti biasa menyikat gigi namun, perlu dilakukan secara merata dan perlahan agar  kawat  tidak mudah lepas.

Obat kumur & benang gigi

Kumur lah dengan obat kumur seperti mouth wash yang berguna sebagai pembersih mulut yang biasa ada dipasaran dan tentunya yang sudah terpercaya.

Gunakanlah benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sekitaran kawat gigi agar pembentukan karang gigi dapat terhindarkan. Hal ini dikarenakan, seseorang yang menggunakan behel lebih mudah terjadi karang gigi jika tidak dibersihkan secara menyeluruh. Anda bisa melakukan pembersihan ini setelah Anda menyikat gigi.

FLOSS2

 

Rutin kontrol ke dokter gigi

Memeriksa kondisi terkini gigi berkawat sangatlah dianjurkan untuk penggunanya. Konsultasikan kondisi gigi ke dokter. Pantau terus perkembangan gigi dan lakukan kontrol selama 1 bulan sekali.

love dentist
Pantangan Lainnya

Makanan yang tidak perlu untuk dikonsumsi agar gigi terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan ialah dengan tidak makan makanan seperti karamel ataupun juga jagung utuh. Hindari juga es batu dan minuman bersoda. Minuman bersoda memiliki kandungan yang dapat menyebabkan pembentukan plak didalam mulut khususnya sekitar kawat gigi. Pantangan lainnya adalah permen karet dan makanan keras. Permen karet memiliki tekstur yang halus dan mudah melekat pada permukaan dalam mulut. Sedangkan, makanan yang bertekstur keras dapat membuat kawat gigi mudah lepas. Oleh karena itu, potong kecil terlebih dahulu jika ingin makan makanan bertekstur keras, seperti buah-buahan atau makanan lainnya.

Mengatasi sariawan

Bagi pengguna pemula, biasanya penggunaan kawat gigi ini dapat menyebabkan timbul rasa sakit seperti sariawan atau juga gigi yang terhimpit selama berhari-hari. Untuk itu, cara tepat mengatasinya ialah dengan membuat air hangat yang telah dicampur dengan satu sendok teh garam. Kumur lah dengan campuran air tersebut.

Untuk info lebih lanjut hubungi kami di nomor berikut

081290098225/081212173797/081219441585

Pin bb : 767CCF28

Pin bb : 5203AAB5

 

 

www.tigadental.com

 

Semoga bermanfaat!

Comments are closed.